Rabu, 11 Agustus 2010

MATERI WEB & HTML BAG 1

World Wide Web ( WWW ) yang biasa disebut web merupakan suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam jaringan internet. Bekerja dengan web mencakup 2 hal penting yaitu sofware web browser ( browser ) dan software web server.

Hypertext Markup Language ( HTML ) adalah suatu system penulisan perintah dan formattinghypertext sederhana yang ditulis kedalam dokumen teks ASCII agar dapat menghasilkan tampilan visual yang terintegrasi. Dengan kata lain, dokumen yang dibuat dalam aplikasi pengolah kata dan disimpan ke dalam format ASCII normal sehingga menjadi homepage dengan tambahan perintah-perintah HTML.

Dokumen HTML disebut markup language karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menetukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen.

Dengan menggunakan perintah-perintah HTML memungkinkan user untuk melakukan fungsi-fungsi berikut ini :

  • Menentukan ukuran dan alur teks
  • Mengintegrasikan gambar dengan teks ( in-line )
  • Membuat links
  • Mengintegrasikan file audio dan video Membuat form interaktif

HTML lebih menekankan pada penggambaran komponen-komponen, struktur dan formatting di dalam halaman web daripada menentukan penampilannya. Sedangkan web browser digunakan untuk menginterpretasikan perintah-perintah HTML yang disisipkan ke dalam teks dan menampilkan susunan halaman ke style built-in browser dengan menggunkan font, tab, warna, garis, dan perataan teks yang dikehendaki ke komputer yang menampilkan halaman web.

Struktur penulisan pemrograman HTML yang baik pada dokumen HTML adalah penulisan tag-tag yang ditempatkan pada dokumen yang terbagi ke dalam area deskriptif dan fungsional.

Perintah-perintah HTML biasa disebut dengan tag. Tag merupakan cara untuk memodifikasi dokumen teks normal yang akan ditampilkan di dalam web browser. Tag HTML ditulis ke dalam dokumen ASCII dan menyediakan instruksi-instruksi ke browser yang berhubungan dengan formatting halaman, termasuk yang di luar tag, seperti gambar, audio, dan video. Tag HTML selalu dimunculkan sebagai suatu kata atau frase yang ditempatkan diantara tanda kurung sudut ( < > ). Isi dari tanda kurung sudut adalah perintah HTML itu sendiri.

Struktur dokumen HTML terdiri dari:

  1. baris yang berisi informasi versi HTML yang digunakan
  2. deklarasi bagian header dengan elemen body
  3. deklarasi bagian body dengan elemen body atau frameset



Tidak ada komentar:

Posting Komentar